Kamis, 28 Januari 2021

Faidah Tafsir Ibnu Katsir QS An-Nas 1-3.

An-Nas, ayat 1-3

- Katakanlh, Aku brlindung kpd Ilah (yg memelihara & menguasai) manusia. 
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1)

I'rab إِعْرَاب
(قُلْ) (katakanlah)
fi’il amr, mabni 'ala sukun,
(kata yg huruf akhirny tdk brubah)

failnya adlh dhamir mustatir yg taqdirny أَنْتَ 
(anta, kamu, org yg diajak bicara)

(أَعُوذُ)
(aku berlindung)
fi’il mudhari’, marfu’ tanda rafa’nya adalah dhammah, failnya adalah dhamir mustatir yang taqdirnya أَنَا

(بِرَبِّ النَّاسِ)
(kepada Rabbnya manusia)

بِرَبِّ 
jar dan majrur muta’aliq (berkaitan) dengan أَعُوذُ ,
رَبِّ
majrur dengan tanda jar berupa kasrah, karena merupakan isim mufrad. النَّاسِ mudhaf ilaih dari رَبِّ, majrur dengan tanda jar berupa kasrah, merupakan bentuk jamak taksir dari insan (الإنسان).

- Raja mnusia. مَلِكِ النَّاسِ (2)

مَلِكِ
badal dari رَبِّ , 
atau merupakan na’at atau athaf bayan alaihi -, majrur dengan tanda jar kasrah, karena isim mufrad.
النَّاسِ 
sudah dibahas di atas.

********
- Sembahan manusia,
إِلَهِ النَّاسِ (3)
(إِلهِ النَّاس)
(sesembahan manusia)
badal dari مَلِكِ , majrur dengan tanda jar kasrah, karena isim mufrad.
النَّاسِ
sudah dibahas di atas.

**********

تفسير بن كثير
Syekh Imam Al-Hafiz, Imaduddin Abul Fida Ismail ibnul Khatib Abu Hafs Umar ibnu Katsir 
semoga Allah melimpahkan rahmat dan rida-Nya kepada dia mengatakan,
تفسير ١-٣
Ketiga ayat yg prtama mrupakn sbagian dr sifat2 Allah yaitu sifat Rububiyah (Ilah),
 هَذِهِ ثَلَاث صِفَات مِنْ صِفَات الرَّبّ عَزَّ وَجَلَّ الرُّبُوبِيَّة
sifat Al-Mulk (Raja), وَالْمُلْك
& sifat Uluhiyyah (Yg dismbah). وَالْإِلَهِيَّة

Dia adalah Illah segala sesuatu, فَهُوَ رَبّ كُلّ شَيْء
Yg memilikinya وَمَلِيكه
& Yg disembah o/ semuany.
وَإِلَهه فَجَمِيع
Maka segala sesuatu adalah makhluk yg diciptakanNy 
الْأَشْيَاء مَخْلُوقَة لَهُ
& milik-Nya serta menjadi hamba-Nya.  مَمْلُوكَة عَبِيد لَهُ 

Org yg mmohon prlindungan
فَأَمَرَ الْمُسْتَعِيذ
diperintahkn agar dlm prmohonanny itu أَنْ يَتَعَوَّذ
mnyebutkn sifat2 trsbt بِالْمُتَّصِفِ
agar dihindarkn dr kjahatan godaan yg brsembunyi,
بِهَذِهِ الصِّفَات مِنْ شَرّ الْوَسْوَاس الْخَنَّاس
yaitu stan yg sllu mndampingi mnusia.   
وَهُوَ الشَّيْطَان الْمُوَكَّل بِالْإِنْسَانِ
Krna ssungguhny tiada sorg mnusiapun  فَإِنَّهُ مَا مِنْ أَحَد مِنْ بَنِي آدَم
mlainkn mmpunyai qarin (pendamping)ny إِلَّا وَلَهُ قَرِين
dr kalangan stan yg menghiasi perbuatan2 fahisyah hingga kelihatan bagus olehnya. 
  يُزَيِّن لَهُ الْفَوَاحِش 
Setan itu jg tdk segan2 mencurahkan sgala kmampuanny u/ mnyesatkanny melalui bisikan & godaanny 
وَلَا يَأْلُوهُ جَهْدًا فِي الْخَيَال
& org yg terhindar dr bisikanny hanyalah org yg dipelihara o/ Allah   وَالْمَعْصُوم مَنْ عَصَمَهُ اللَّه 

Di dlm kitab sahih disbtkn bhwa Rasulullah tlh brsabda
وَقَدْ ثَبَتَ فِي الصَّحِيح أَنَّهُ 
Tiada seorg pun dr kamu
مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ
melainkan tlh ditugaskan trhadapny qarin (tman setan) yg mndampinginy.  إِلَّا قَدْ وُكِلَ بِهِ قَرِينَةٌ

Mrka brtanya, Jg termasuk engkau, ya Rasulullah? Bliau mnjwb  قَالُوا وَأَنْتَ يَا رَسُول اللَّه قَالَ

Ya, نَعَمْ
hanya sj Allah mmbantuku dlm mnghadapiny إِلَّا أَنَّ اللَّهَ أَعَانَنِي عَلَيْهِ
akhirny ia masuk Islam  فَأَسْلَمَ
mka ia tdk mmerintahkn kpdku kec hany kbaikan. 
فَلَا يَأْمُرُنِي إِلَّا بِخَيْرٍ

& di dlm kitab Sahihain disbtkn
وَثَبَتَ فِي الصَّحِيحَيْنِ
dr Anas tntang kisah 
عَنْ أَنَس فِي قِصَّة
kunjungan Safiyyah kpd Nabi
زِيَارَة صَفِيَّة لِلنَّبِيِّ 
yg saat itu sdng i'tikaf وَهُوَ مُعْتَكِف 
lalu beliau keluar bersamanya 
وَخُرُوجه مَعَهَا
di malam hari u/ mnghantarkanny pulang ke rumahny.  لَيْلًا لِيَرُدّهَا إِلَى مَنْزِلهَا 

Kemudian Nabi bersua dg dua org laki2 dari kalangan Ansar. 
فَلَقِيَهُ رَجُلَانِ مِنْ الْأَنْصَار

Di saat melihat Nabi bergegaslah keduanya pergi dg cepat. فَلَمَّا رَأَيَا النَّبِيّ أَسْرَعَا
Maka Rasulullah brsabda
Prlahan2 kamu berdua
فَقَالَ رَسُول اللَّه عَلَى رِسْلكُمَا
ssungguhny ia adlh Safiyyah binti Huyayyin.  إِنَّهَا صَفِيَّة بِنْت حُيَيّ

Maka keduany brkata. Subhanallah,  فَقَالَا سُبْحَان اللَّه 
ya Rasulullah. Rasulullah bersabda: يَا رَسُول اللَّه فَقَالَ 

Ssungguhny setan itu mengalir ke dlm tubuh anak Adam
إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنَ ابْنِ آدَمَ
melalui aliran darahny. مَجْرَى الدَّمِ 

& ssungguhny q mrasa
khawatir وَإِنِّي خَشِيتُ
bila dilemparkn ssuatu (prasangka buruk) ke dlm hati kmu brdua.
 أَنْ يَقْذِفَ فِي قُلُوبِكُمَا شَيْئًا- أَوْ قَالَ شَرًّا

Al-Hafiz Abu Ya'la  Al-Mausuli mengatakan, telah menceritakan kpd kami Muhammad ibnu Bahr, telah menceritakan kepada kami Addiy ibnu Abu Imarah, telah menceritakan kepada kami Ziyad An-Numairi, dari Anas ibnu Malik yang mengatakan bahwa Rasulullah telah bersabda:
وَقَالَ الْحَافِظ أَبُو يَعْلَى الْمَوْصِلِيّ حَدَّثَنَا مُحَمَّد بْن بَحْر حَدَّثَنَا عَدِيّ بْن أَبِي عُمَارَة حَدَّثَنَا زِيَاد النُّمَيْرِيّ عَنْ أَنَس بْن مَالِك قَالَ : قَالَ رَسُول اللَّه 
Sesungguhnya setan itu meletakkan belalainya di hati anak Adam. 
إِنَّ الشَّيْطَانَ وَاضِعٌ خَطْمَهُ عَلَى قَلْبِ ابْنِ آدَمَ
Jika anak Adam mengingat Allah, maka bersembunyi
فَإِنْ ذَكَرَ الله خَنَسَ
& jika ia lupa kepada Allah, maka setan menelan hatiny
وَإِنْ نَسِيَ الْتَقَمَ قَلْبَهُ
maka itulah yang dimaksud dg bisikan setan yg tersembunyi.
 فَذَلِكَ الْوَسْوَاسُ الْخَنَّاسُ

Hadis ini berpredikat garib.غَرِيب
( gharaba yaghribu artinya menyendiri,asing,/ terpisah )

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari 'Asim,
وَقَالَ الْإِمَام أَحْمَد حَدَّثَنَا مُحَمَّد بْن جَعْفَر حَدَّثَنَا شُعْبَة عَنْ عَاصِم
bahwa ia pernah mendengar Abu Tamimah سَمِعْت أَبَا تَمِيمَة
yg menceritakan hadis brkt dr org yg prnah dibonceng o/ Nabi
يُحَدِّث عَنْ رَدِيف رَسُول اللَّه 
Ia mngatakn bhwa di suatu ktika keledai yg dikendarai o/ Nabi tersandung, قَالَ عَثَرَ بِالنَّبِيِّ حِمَاره
maka q berkata, Celakalah setan itu. فَقُلْت تَعِسَ الشَّيْطَان
Maka Nabi bersabda فَقَالَ النَّبِيّ 

Jgnnlh engkau katakn,Clakalh setan.  لَا تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَان
Krna sesungguhny jika engkau katakan,Celakalah setan
فَإِنَّك إِذَا قُلْت تَعِسَ الشَّيْطَان
maka ia mnjadi brtambah besar تَعَاظَمَ
llu mngatakan,Dg kekuatanku, q kalahkan dia.وَقَالَ بِقُوَّتِي صَرَعْته
Ttapi jika engkau ktakan, Bismillah, وَإِذَا قُلْت بِسْمِ اللَّه
maka mengecillah ia hingga menjadi sekecil lalat.
تَصَاغَرَ حَتَّى يَصِير مِثْل الذُّبَاب وَغَلَبَ

Hadis diriwayatkan o/ Imam Ahmad, تَفَرَّدَ بِهِ أَحْمَد
sanadnya jayyid(bagus) lg kuat.
إِسْنَاده جَيِّد قَوِيّ
& di dlm hadis ini trkandung
وَفِيهِ دَلَالَة  
mkna yg mnunjukkn
bhwa hati itu عَلَى أَنَّ الْقَلْب
mnakala ingat kpd Allah
مَتَى ذَكَرَ اللَّه
setan menjadi mengecil dan terkalahkan تَصَاغَرَ الشَّيْطَان وَغُلِبَ
Tetapi jika ia tdk ingat kpd Allah, وَإِنْ لَمْ يَذْكُر اللَّه
maka stan mmbesar & dpt mengalahkannya. تَعَاظَمَ وَغَلَبَ 

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Bakar Al-Hanafi, telah menceritakan kepada kami Ad-Dahhak ibnu Usman, dari Sa'id Al-Maqbari, 
وَقَالَ الْإِمَام أَحْمَد حَدَّثَنَا أَبُو بَكْر الْحَنَفِيّ حَدَّثَنَا الضَّحَّاك بْن عُثْمَان عَنْ سَعِيد الْمَقْبُرِيّ 
Dr Abu Hurairah yg mengatakan bhwa Rasulullah tlh bersabda 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَة قَالَ : قَالَ رَسُول اللَّه 

Sesungguhny sseorg di antara kamu apabila brada di dlm masjid, إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا كَانَ فِي الْمَسْجِدِ
lalu setan datang, جَاءَهُ الشَّيْطَانُ
lalu setan diikat o/ny sbagaimana sseorg mengikat hewan kendaraanny
 فَأَبَسَ بِهِ كَمَا يَبِسُ الرَّجُلُ بِدَابَّتِهِ
& jika ia diam (tdk brzikir kpd Allah), فَإِذَا سَكَنَ لَهُ
mka setan brbalik mngikat & mngekangny.  زَنَقَهُ أَوْ أَلْجَمَهُ

Abu Hurairah mngatakn
 قَالَ أَبُو هُرَيْرَة
bhwa klian dpt mnyaksikn
hal trsbt. وَأَنْتُمْ تَرَوْنَ ذَلِكَ
Adapun yg dimksd dg 
maznuq أَمَّا الْمَزْنُوق
ykni org yg diikat pd lherny,
فَتَرَاهُ مَائِلًا
mka engkau lihat dia condong sperti ini tdk brzikir kpd Allah.
   كَذَا لَا يَذْكُر اللَّه 

Adapun org yg dikekang,
وَأَمَّا الْمُلْجَم
mka ia klihatan mmbuka mulutny فَفَاتِح فَاهُ
& tdk mngingat Allah 
لَا يَذْكُر اللَّه عَزَّ وَجَلَّ

hadis ini diriwayatkn o/ Imam Ahmad scra munfarid.
تَفَرَّدَ بِهِ أَحْمَد 

#######





Tidak ada komentar:

Posting Komentar